Bahaya Yang Bisa Timbul Jika Tidur Dekat Ponsel

Di zaman yang serba canggih saat ini, banyak orang yang hampir tidak lepas dari ponsel atau gadget. Banyak orang yang sudah sangat ketergantungan dengan perangkat elektronik satu ini, sampai-sampai ponsel pun dibawa tidur. Ditaruh di samping kepala, atau malah dibawah bantal. Namun tahukah anda bahwa tidur dekat ponsel itu berbahaya? Ketahui Bahaya Yang Bisa Timbul Jika Tidur Dekat Ponsel

bahaya-yang-bisa-timbul-jika-tidur-dekat-ponsel

Bahaya Yang Bisa Timbul Jika Tidur Dekat Ponsel — Ponsel, yang seiring dengan perkembangan teknologi banyak disebut dengan istilah smartphone, seolah sudah menjadi partner setia yang menemani aktivitas kita sehari-hari. Mulai ketika kita bangun tidur pagi sampai tidur malam, smartphone rasanya jadi sahabat setia yang tidak pernah lepas dari tangan.

Bahkan kita bisa heboh jika samrtphone ini ketinggalan di rumah saat kita kerja atau pergi dengan teman. Pendek kata, smartphone sudah menjadi salah satu kebutuhan esensial masyarakat modern.

Saking pentingnya smartphone, kita tidak bisa jauh-jauh dari ponsel ini. Entah untuk mengantisipasi masuknya pesan penting atau kebutuhan lain seperti alarm. Akibatnya kita terbiasa tidur dalam jarak yang berdekatan dengan smartphone. Tapi tahukah anda bahwa kebiasaan ini amat sangat berbahaya bagi kesehatan?

Sinyal yang dipancarkan oleh posel kabarnya bisa mempengaruhi fungsi organ yang ada didalam tubuh kita. Dan jika terpapar dalam frekuensi yang cukup sering bisa menimbulkan penyakit berbahaya. Lantas apa saja bahaya dari tidur di samping atau didekat ponsel ?

Bahaya Tidur Dekat Ponsel

  • Mengurangi Kemampuan Konsentrasi

Anda pernah ketiduran sambil memegang ponsel? Atau malah sengaja menaruhnya dibawah bantal?

Anda tidak sendirian, pasalnya sebanyak 63% dari pemilik ponsel tidur dekat ponsel yang ditaruh tepat di samping tempat tidur. Hal ini dilakukan agar mempermudah menjangkau ponsel atau agar bunyi alarm terdengar jelas. Namun, tahukah anda bahwa meletakkan ponsel dibawah bantal ataupun dekat dengan anda ketika tidur berbahaya bagi kesehatan?

Menurut penelitian, ponsel jenis apapun mengeluarkan radiasi elektromagnetik yang mampu memperngaruhi kualitas tidur anda. Efek dari radiasi ponsel yang mempengaruhi kualitas tidur ini menyebabkan aliran darah yang diarahkan ke otot-otot anda tidak maksimal. Oleh karena itu, di pagi hari anda mungkin mengalami kurang konsentrasi, nyeri, dan fokus.

  • Ponsel di bawah bantal bisa menyebabkan kebakaran

Kasus ponsel terbakar atau meledak memang sudah banyak disebarkan pada media massa. Namun masih saja banyak orang yang ceroboh menaruh ponsel di bawah bantal, terlebih saat sedang dalam kondisi mengisi baterai dan dibiarkan semalaman.

Dalam beberapa kasus memang ada ponsel yang tidak sampai meledak, tapi bagaimanapun, menaruh ponsel di bawah bantal sambil mengisi daya baterai sangat tidak disarankan. Pasalnya, secara logika ponsel dalam kondisi mengisi daya baterai akan cenderung cepat panas saat ditaruh di tempat yang tertutup seperti bantal, selimut, ataupun bahan tebal lainnya sehingga berisiko memicu kebakaran.

  • Membuat Anda sulit tidur

Ponsel, tablet, TV, dan gadget lainnya akan memancarkan cahaya biru. Sebuah penelitian menunjukan bahwa cahaya biru bisa menghambat produksi hormon melatonin – yang berfungsi mengatur tidur, dan mengganggu ritme sirkadian (jam biologis tubuh). Hal ini terjadi karena cahaya biru memancarkan gelombang panjang seperti pada siang hari, sehingga membuat tubuh berpikir jika masih siang – sepanjang waktu, padahal nyatanya sudah malam.

Ketika Anda ingin tidur, pastikan Anda sudah mematikan semua elektronik dua jam sebelum tidur. Lebih baik lagi, simpan ponsel dan laptop di ruangan lain saat Anda terlelap.

  • Gangguan sel otak

Menurut World Health Organization (WHO), radiasi ponsel bisa memengaruhi susunan saraf manusia hingga dapat menyebabkan kanker atau tumor, terutama pada anak-anak, yang kulit kepala dan tengkoraknya lebih tipis daripada orang dewasa, dan lebih rentan terhadap radiasi.

Seorang ilmuwan kesehatan lingkungan, Dr. Devra Davis, mengatakan bahwa paparan radiasi dari handphone dapat menyebabkan kerusakan pada sel-sel otak. Sel-sel otak yang rusak membuat risiko terjangkitnya berbagai jenis penyakit meningkat, karena otak adalah pusat pengendalian tubuh.

  • Memperparah Gejala Alzheimer

Alzheimer merupakan penyakit yang biasanya menyerang orang berusia tua. Penyakit ini memiliki gejala-gejala seperti penurunan daya ingat, kesulitan melakukan tugas-tugas sederhana, perubahan karakter, hilangnya minat, dan masih banyak lagi. Semua kondisi ini bakal makin parah jika penderita Alzheimer berbaring di kasur yang diletakkan dengan ponsel. Radiasi yang ditimbulkan sudah pasti akan memberikan efek negatif pada otak.

  • Jari Lelah

Meski terlihat sebagai kegiatan sederhana, mengoperasikan smartphone atau ponsel terlalu lama bisa membuat jari-jemari kita menjadi cepat lelah. Hal ini terutama terjadi ketika kita sedang berada di tempat tidur dan tengah menggunakan smartphone atau tablet dalam posisi berbaring dan gadget berada di atas kepala.

Selang waktu 10-20 menit, jari-jari kita akan merasa lelah dan kondisi ini bisa bertahan hingga keesokan harinya. Oleh karena itu sebaiknya smartphone tidak perlu disimpan di dekat tempat tidur agar kita tidak tergoda untuk menggunakannya.

Baca Juga : Alasan Mengapa Olahraga Adalah Cara Terbaik Untuk Menghilangkan Stres

Nah itu dia Bahaya Yang Bisa Timbul Jika Tidur Dekat Ponsel. Semoga bermanfaat dan terus kunjungi situs Cara Pemesanan Brain Care Capsule ini untuk mendapatkan informasi penting dan menarik lainnya mengenai hal yang berkaitan dengan kesehatan.

| Bahaya Yang Bisa Timbul Jika Tidur Dekat Ponsel |

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s