Manfaat Tersembunyi Dari Kulit Pisang Untuk Kesehatan

Tahukah anda, Kulit pisang ternyata punya manfaat kesehatan yang besar. Ada beberapa manfaat gizi dari kulit pisang yang dapat Anda peroleh. Lantas apa saja Manfaat Tersembunyi Dari Kulit Pisang Untuk Kesehatan?

Selamat datang di salah satu situs resmi Alfian Herbal yang merupakan agen resmi penjualan obat herbal online terpercaya yang menyediakan berbagai macam suplemen dan vitamin yang terbuat dari bahan alami tanpa terkontaminasi bahan kimia sedikitpun. Salah satunya adalah menyediakan Brain Care Capsule yang merupakan suplemen yang baik untuk otak serta untuk kesehatan tubuh. Tapi disini kami bukan akan membahas mengenai produk kami, melainkan akan membahas informasi seputar dunia kesehatan. Seperti yang telah disinggung diatas, informasi yang akan kami sajikan adalah seputar Manfaat Tersembunyi Dari Kulit Pisang Untuk Kesehatan, dan berikut ini informasi lengkapnya.

manfaat-tersembunyi-dari-kulit-pisang-untuk-kesehatan

Manfaat Tersembunyi Dari Kulit Pisang Untuk Kesehatan — Kulit pisang kaya akan manfaat dan mempunyai beberapa khasiat yang baik bagi kesehatan. Mungkin kebanyakan orang yang makan buah pisang kurang memperhatikan akan manfaat kulit buah pisang dan membuangnya begitu saja. Padahal jika anda perhatikan, kulit pisang memiliki sifat anti jamur dan antibiotik, yang sangat penting bagi tubuh. Kulit pisang juga merupakan sarat akan mineral, vitamin dan serat yang bisa juga anda manfaatkan dalam kehidupan sehari-hari. Dengan memanfaatkan kulit buah pisang, anda bisa lebih menghemat biaya pengeluaran untuk mengatasi problematika kesehatan anda secara alami.

Kandungan Gizi Kulit Pisang

Kulit pisang ternyata memiliki kandungan gizi yang cukup tinggi. Di sebagian daerah kulit pisang dibuang begitu saja, karena dianggap sebagai sampah dan limbah yang tak bermanfaat. Padahal jika ditelisik, kulit pisang yang dibuang berjumlah sangat banyak. Dengan demikian, sangat disayangkan jika jmlah kulit pisang yang banyak ini hanya dibuang dan tak digunakan kembali.

Saat ini memang pemanfaatan kulit pisang secara nyata masih sedikit. Hanya dijadikan limbah organik atau pakan ternak. Jumlah kulit pisang yang banyak ini sebenarnya akan menguntungkan jika dimanfaatkan dengan benar. Kandungan gizi pada kulit pisang tidak kalah banyaknya dari buah pisang. Kandungan gizi yang tedapat pada kulit pisang per 100 gram antara lain :

  1. Karbohidrat = 50 g
  2. Lemak = 2,11 g
  3. Protein = 0,32 g
  4. Kalsium = 715 mg
  5. Fosfor = 117 mg
  6. Zat besi = 1,60 mg
  7. Vitamin B = 0,12 mg
  8. Vitamin C = 17,50 mg
  9. Air = 68,90 g

Berdasarkan uraian gizi diatas, sangat disayangkan jika kandungan sebanyak itu hanya dinikmati oleh ternak dan bakteri pengurai. Dengan kandungan gizi sebanyak itu seharunya manusia dapat memanfaatkan kulit pisang untuk dijadikan produk asupan nutirisi bagi tubuh.  Bisakah memanfaatkan kulit pisang untuk menjadi asupan nutrisi pada tubuh? Bisa, saat ini sudah banyak produk yang memanfaatkan kulit pisang sebagai bahan baku pembuatannya, mulai dari kosmetik hingga kesehatan.

Kulit pisang terbukti memiliki kandungan gizi yang tak kalah dari buahnya. Hal ini menjadikan banyak kalangan yang berusaha untuk memanfaatkan kulit pisang. Karena selain bermanfaat untuk tubuh, kulit pisang juga bernilai ekonomis. Manusia dapat membuat produk kesehatan atau kecantikan dengan bahan baku kulit pisang dan menjualanya.

Manfaat Kulit Pisang

  • MEMUTIHKAN GIGI

Ambil bagian kecil dari kulit pisang dan gosokkan pada gigi. Bila Anda rutin melakukannya selama dua minggu, anda akan mendapatkan hasil yang positif.
Cara ini dapat membuat gigi putih tanpa harus merogoh uang untuk melakukan perawatan gigi putih.

  • MENGHILANGKAN KUTIL PADA KULIT

Jika anda terkena kutil pada kulit, masalah ini dapat diselesaikan menggunakan kulit pisang. Gosokkan kulit pisang pada daerah yang terkena kutil. Dalam rentang waktu yang singkat, kutil dapat hilang.

  • PENGOBATAN PSORIASIS ( PERADANGAN PADA KULIT)

Letakkan kulit pisang pada kulit yang terkena psoriasis. Kulit pisang memiliki sifat melembapkan yang juga mengurangi rasa gatal. Dalam waktu yang relatif cepat, kulit pisang dapat menyembuhkan psoriasis.

  • MENGOBATI BAGIAN TITIK TUBUH YANG SAKIT

Kulit pisang termasuk agen analgesik (penahan sakit). Oleh karena itu, gosok kulit pisang pada titik tubuh yang nyeri atau sakit pada tubuh. Hal ini akan meringankan rasa nyeri.

  • TURUNKAN BERAT BADAN

Makan dua buah pisang tiap hari untuk makan siang dan konsumsi kulit pisang secara terpisah. Ya, mengutip laman Livestrong, kulit pisang memang bisa dikonsumsi, dalam kondisi mentah sekali pun. Rasanya tentu tak seenak buah pisang. Tapi kulit pisang dari buah pisang yang telah matang akan lebih tipis dan terasa manis serta mudah dikunyah. Beberapa orang memilih untuk merebus kulit pisang selama 10 menit sebelum dikonsumsi atau membuatnya jadi campuran jus bersama buah-buahan lain.
Penelitian menemukan, seseorang dapat turun berat badan hingga 2,3 kg per bulan bila mengonsumsi kulit pisang.

  • MENYEMBUHKAN GIGI NYAMUK

Memijat dengan menggunakan kulit pisang di daerah yang terkena gigitan nyamuk dapat membuat Anda sembuh secara cepat.

  • DAPAT MEMBERSIHKAN JERAWAT

Kulit pisang sangat bermanfaat bagi kecantikan karena kulit pisang mengandung vitamin B, vitamin C, vitamin B6, magnesium, zat besi, fosfor, dan kalium yang berfungsi untuk menghilangkan jerawat. Kandungan antioksidan dan antijamur yang terdapat pada kulit pisang juga dapat menghilangkan minyak berlebih serta dapat mengatasi iritasi dan perasaan gatal pada kulit yang berjerawat sehingga dapat mempercepat penyembuhan serta dapat menghilangkan bekas jerawat. Cara yang dapat dilakukan untuk mendapatkan manfaat ini adalah dengan mengambil kulit pisang yang masih kuning lalu gosok-gosokkan pada muka. Jika kulit pisang sudah menghitam, ambil kulit pisang yang baru dan ulangi lagi menggosok wajah seperti langkah awal. Lakukan penggosokan selama 10 menit dan setelah digosok, biarkan wajah selama 30-60 menit lalu bilas wajah. Cara seperti ini dapat dilakukan setiap hari hingga noda jerawat yang tampak kemerahan mulai memudar serta jerawat tidak muncul kembali.

  • SEBAGAI ANTIDEPRESAN

Berdasarkan penelitian yang pernah dilakukan oleh para pakar di Amerika, disebutkan bahwa meminum kulit pisang hangat dengan cara dijus akan dapat meredakan emosi. Dalam kulit pisang terkandung triptofan yang dapat memperbaiki suasana hati dengan cara meningkatkan kadar serotonin. Serotonin ini bertanggung jawab dalam menyeimbangkan antara emosi dengan mood seseorang. Oleh karena itu, jika merasa depresi atasi dengan mengonsumsi jus kulit pisang yang terbukti mampu meredakan emosi dan mood.

  • PENGHAMBAT KERUTAN PADA WAJAH

Tidak dapat dipungkiri semakin bertambah usia maka semakin banyak masalah pada kulit. Kulit akan kehilangan elastisitasnya dan akan menjadi keriput. Keriput ini muncul di banyak sisi bagian tubuh terutama wajah. untuk masalah ini, kulit pisang bermanfaat sebagai penghambat munculnya kerutan pada wajah. Kandungan yang terdapat pada kulit pisang berfungsi sebagai anti penuaan yang bersifat alami dan tidak berbahaya. Langkah yang dibutuhkan sangat mudah dan sederhana, yaitu dengan menyiapkan kulit pisang dan mengerok bagian dalam kulit pisang kemudian campurkan dengan 1 sendok teh madu murni. Setelah itu balurkan campuran itu kepada wajah yang mulai berkerut dan diamkan kurang lebih selama 15 menit. Kemudian bersihkan wajah dengan menggunakan handuk hangat. Untuk hasil yang maksimal lakukan perawatan ini rutin 3 kali selama satu minggu.

  • MENGOBATI MIGRAIN ATAU SAKIT KEPALA

Sakit kepala dan migrain tentu akan mengganggu aktivitas sehari-hari. Penyakit ini biasanya menyerang secara tiba-tiba dan membuat seseorang malas beraktivitas. Namun kulit pisang dapat mengatasi permasalahan itu semua. Kulit pisang bermanfaat untuk mengatasi sakit kepala dan migrain. Caranya bagaimana? Dengan menumbuk kulit pisang lalu tempelkan pada dahi. Caranya sangat mudah dan sederhana dan lakukan terus hingga sakit kepala menghilang. Ya, mungkin dengan membeli obat pereda nyeri kepala akan lebih praktis, namun apa salahnya kita memanfaatkan kulit pisang yang lebih alami dibanding obat pereda nyeri kepala.

Nah itulah Manfaat Tersembunyi Dari Kulit Pisang Untuk Kesehatan. Setelah mengetahui itu semua, semoga semua orang menjadi lebih bijak untuk tidak membuang kulit pisang dan memanfaatkannya. Sekian dari kami dan semoga bermanfaat.

BACA JUGA : Penyebab Perut Buncit Meski Badan Tidak Gemuk

| Manfaat Tersembunyi Dari Kulit Pisang Untuk Kesehatan |

Advertisements

1 Comment

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s