Penyebab Perut Buncit Meski Badan Tidak Gemuk

Siapa bilang perut buncit hanya dimiliki orang gemuk? Ternyata orang kurus juga bisa punya perut buncit. Jika anda kurus atau memiliki berat badan normal tetapi punya kelebihan lemak disekitar perut anda, anda harus waspada. Ketahui Penyebab Perut Buncit Meski Badan Tidak Gemuk

Selamat datang di salah satu situs resmi Alfian Herbal yang merupakan agen resmi penjualan obat herbal online terpercaya yang menyediakan berbagai macam suplemen dan vitamin yang terbuat dari bahan alami tanpa terkontaminasi bahan kimia sedikitpun. Salah satunya adalah menyediakan Brain Care Capsule yang merupakan suplemen yang baik untuk otak serta untuk kesehatan tubuh. Tapi disini kami bukan akan membahas mengenai produk kami, melainkan akan membahas informasi seputar dunia kesehatan. Jika Sebelumnya kami telah memberikan informasi mengenai Manfaat Yang Didapat Dari Makan Buah Saat Sarapan. Nah, pada kesempatan kali ini informasi yang akan kita bahas yaitu mengenai Penyebab Perut Buncit Meski Badan Tidak Gemuk, dan berikut ini ulasan lengkapnya.

penyebab-perut-buncit-meski-badan-tidak-gemuk

Penyebab Perut Buncit Meski Badan Tidak Gemuk — Perut buncit selalu identik dengan kegemukan. Padahal tidak semua orang berperut buncit memiliki tubuh yang tambun. Tak jarang, mereka yang bertubuh kurus pun memiliki ‘tas pinggang’ di bagian perut. Apa penyebabnya?

Lemak yang suka ‘berkumpul’ di perut adalah lemak visceral atau intra-abdominal, yaitu lemak yang berhubungan dengan kolesterol tinggi, insulin tinggi, trigliserida tinggi, tekanan darah tinggi dan masalah lainnya.

Dibanding lemak di bagian tubuh lain, lemak di daerah perut merupakan lemak yang paling berbahaya. Menurut penelitian, orang yang memiliki perut buncit lebih mungkin mengalami sindrom metabolik, kolesterol tinggi, penyakit kardiovaskuler dan penyakit degeneratif seperti penyakit jantung.

Lemak visceral tak hanya membuat perut tampak buncit, tetapi juga bersembunyi di bawah kulit jauh di dalam tubuh dan di sekitar organ. Karena itu, lemak jenis ini menjadi sangat berbahaya, dan tidak hanya menyerang orang-orang bertubuh gemuk.

Penyebab Perut Buncit

  • Faktor Genetik

Genetik memainkan peran utama dalam risiko obesitas. Oleh karena itu, kecenderungan tubuh menyimpan lemak diperut sebagian dipengaruhi oleh faktor genetik. Termasuk gen reseptor yang mengatur kadar hormon kortisol dan gen yang memberikan singal reseptor leptin untuk mengatur asupan kalori dan berat badan.

  • Sering Mengkonsumsi Makanan Manis

Banyak orang yang tidak menyadari bahwa ia mengkonsumsi gula berlebih setiap harinya. Kue dan permen merupakan jenis makanan yang mengandung gula tinggi. Selain itu, minuman seperti soda, teh manis, kopi, ataupun minuman dengan berbagai macam rasa banyak mengandung gula dan pemanis buatan.

Sebuah penelitian telah menunjukan pengaruh antara asupan gula tinggi dengan lemak perut yang berlebihan disebabkan karena kandungan fruktosa tinggi gula yang ditambahkan pada makanan atau minuman.

  • Stres

Kortisol adalah hormon yang diproduksi oleh kelenjar adrenal dan dikenal sebagai hormon stres karena membantu tubuh merespon stres. Faktor stres besar pengaruhnya terhadap kenaikan berat badan sehingga menyebabkan penumpukkan lemak di perut. Pada banyak orang, saat mengalami stres, nafsu makan akan meningkat terutama makan makanan manis.

  • Kurang tidur

Memiliki waktu tidur yang cukup adalah salah satu hal penting yang dapat mempengaruhi kesehatan. Banyak penelitian yang menemukan bahwa kurang tidur mampu meningkatkan risiko kenaikan berat badan, yang mana berpengaruh pada lemak perut. Gangguan tidur juga dapat menyebabkan kenaikan berat badan. Salah satu gangguan yang paling umum adalah gangguan tidur apnea yaitu suatu kondisi di mana napas berhenti berulang kali pada malam hari karena jaringan lunak di tenggorokan menghalangi jalan napas.

  • Adanya bakteri di usus

Ratusan jenis bakteri hidup dalam usus Anda, terutama di usus besar. Beberapa bakteri ada yang bermanfaat bagi kesehatan, ada juga yang merugikan. Memelihara kesehatan usus sangat penting untuk menjaga sistem kekebalan tubuh yang sehat sehingga mampu terhindar dari penyakit.

Para peneliti telah menemukan bahwa orang gemuk cenderung memiliki jumlah bakteri Firmicutes di usus lebih banyak dari pada orang dengan berat badan normal. Penelitian juga menunjukkan bahwa jenis bakteri tersebut dapat meningkatkan jumlah kalori yang diserap dari makanan sehingga mampu menaikan berat badan, termasuk lemak perut. Tidak menutup kemungkinan bakteri ini bersarang pada orang yang kurus juga.

  • Faktor menopause

Penyebab perut buncit juga bisa dari faktor menopause. Pasalnya beberapa wanita mengalami kenaikan lemak perut saat berada pada fase menopause. Menopause biasanya terjadi satu tahun setelah seorang wanita memiliki periode menstruasi terakhirnya. Pada waktu tersebut, kadar estrogen turun drastis, sehingga menyebabkan lemak disimpan di perut, bukan lagi pada pinggul dan paha. Satu studi menemukan jika wanita yang menopause dini cenderung mendapatkan lemak perut tambahan.

  • Kurang bergerak

Gaya hidup adalah salah satu faktor risiko terbesar kesehatan yang buruk. Tidak aktif bergerak, kurang olahraga, mengonsumsi makanan yang tidak sehat bisa berperan dalam peningkatan obesitas termasuk obesitas perut. Sebuah survei yang besar dari tahun 1988 sampai 2010 di Amerika Serikat menemukan bahwa ada peningkatan yang signifikan antara aktivitas, berat badan, dan lingkar perut pada pria dan wanita.

  • Postur tubuh yang buruk (membungkuk)

Faktor lain penyebab perut buncit adalah memiliki kebiasaan berdiri dan duduk yang buruk. Pasalnya, memiliki postur tubuh yang buruk akan membuat tubuh menjadi terlihat gemuk dan perut membuncit.

Itu dia Penyebab Perut Buncit Meski Badan Tidak Gemuk yang mungkin belum anda ketahui. Hindari hal-hak diatas jika tak ingin perut anda buncit. Sekian dan semoga bermanfaat.

– Penyebab Perut Buncit Meski Badan Tidak Gemuk –

Advertisements

1 Comment

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s