Makanan Yang Mengenyangkan Tapi Tidak Bikin Gemuk

Makan banyak tapi tak ingin gemuk, memang bisa? Ya bisa. Ada beberapa makanan yang walau dikonsumsi dalam jumlah banyak tidak akan membuat gemuk. Makanan tersebut tidak akan membuat gemuk tapi bisa membuat kenyang. Ketahui apa saja Makanan Yang Mengenyangkan Tapi Tidak Bikin Gemuk

Selamat datang kembali di halaman Brain Care Capsule Green World yang mrupakan salah satu situs resmi Alfian Herbal, agen penjualan obat herbal terbesar dan terpercaya yang menyediakan berbagai macam suplemen dan vitamin herbal berkhasiat yang pembuatannya tanpa menggunakan bahan kimia sedikitpun. Seperti biasanya, di situs ini kami selalu memberikan informasi penting dan menarik mengenai kesehatan. Jika sebelumnya kami telah membagikan informasi mengenai Akibat Terlalu Banyak Makan Nasi Selain Bikin Badan Gemuk, nah untuk informasi yang akan kami sajikan saat ini adalah seputar Makanan Yang Mengenyangkan Tapi Tidak Bikin Gemuk. Ingin tahu apa saja? langsung saja simak informasinya dibawah ini.

makanan-yang-mengenyangkan-tapi-tidak-bikin-gemuk

Makanan Yang Mengenyangkan Tapi Tidak Bikin Gemuk — Tidak kuat menahan rasa lapar sering dikeluhkan orang yang sedang program menurunkan berat badan. Bila anda bisa memilih menu makanan dengan tepat, perut anda tetap akan kenyang tanpa membuat berat badan naik.

Beberapa makanan dapat membuat perut anda kenyang lebih lama dengan kandungan serat tinggi, tetapi tidak membuat gemuk karena memiliki lemak yang rendah atau tidak ada sama sekali.

Makanan Yang Tidak Bikin Gemuk

  • KENTANG PANGGANG

Dalam sebuah studi yang mengukur indeks kepuasan (satiaty) dari 38 jenis makanan ketika dikonsumsi, termasuk beras merah dan roti gandum, kentang berada di posisi pertama. Artinya mereka yang mengonsumsi kentang mengaku lebih kenyang dan baru makan lagi dua jam setelah makan kentang.

Anggapan selama ini bahwa kentang adalah makanan yang kaya karbohidrat, tampaknya tak terbukti. Justru bagaimanapun pengolahannya, baik dipanggang ataupun direbus, kentang tetap kaya akan vitamin, serat dan nutrisi lainnya. Kentang akan lebih terasa mengenyangkan jika dikonsumsi beserta kulitnya, tak peduli diolah seperti apa. Serat yang dikandungnya hanyalah 160 kalori per buah.

  • TELUR

Sebuah studi dari Saint Louis University menemukan orang yang sarapan telur mengonsumsi 330 kalori lebih sedikit ketimbang mereka yang makan roti bagel.

Telur merupakan salah satu dari sedikit makanan yang sarat protein. Artinya mereka mengandung 9 asam amino esensial yang tak bisa dihasilkan sendiri oleh tubuh. Dan sekali dicerna, ke-9 asam amino tersebut dapat memicu pelepasan hormon-hormon dalam usus yang menekan rasa lapar,” ungkap Joy Dubost, jubir Academy of Nutrition and Dietetics.

Telur akan lebih mengenyangkan jika dikonsumsi berikut kuning telurnya. Pasalnya hampir separuh protein pada telur berada di bagian tersebut. Tambahkan juga sayuran untuk meningkatkan volume dan kandungan seratnya dengan sedikit tambahan kalori.

  • SUP KACANG MERAH

Sup mengandung banyak air, artinya ini akan memenuhi perut Anda tapi kalorinya sangat sedikit,” kata Barbara Rolls, penulis buku The Ultimate Volumetrics Diet.

Apalagi sup kacang merah yang ditambah kaldu karena mengandung banyak serat dan karbohidrat baik yang memperlambat pelepasan gula dalam darah sehingga rasa kenyangnya jadi tahan lama.

Sekali berada dalam perut, serat dan air itu mengaktivasi reseptor-reseptor yang memberikan sinyal bahwa Anda tidak merasakan lapar lagi. Dan per mangkuknya hanya mengandung 150 kalori,” terang Rolls.

Jika tak suka sup, Anda bisa menambahkan kacang-kacangan ke dalam salad yang berbahan cuka.

  • GREEK YOGHURT

Setelah mengamati pola makan 120.000 orang selama 20 tahun, tim peneliti Harvard menemukan yogurt adalah satu-satunya makanan terbaik untuk menurunkan berat badan.

Sementara itu, review yang dilakukan Nestle Nutrition Institute juga mengungkapkan konsumsi protein dari produk susu dapat meningkatkan rasa kenyang, mengurangi asupan makanan dan menjaga gula darah tetap stabil.

Greek yogurt mengandung protein dua kali lebih banyak dan gula lebih sedikit daripada yogurt biasa,” tutur Dubost.

Agar lebih mengenyangkan, berilah topping pada yogurt dengan makanan berserat seperti raspberi (4 gram serat untuk tiap setengah cangkir) atau sereal (9 gram per tigaperempat cangkir).

  • APEL

Apel hanyalah satu dari sedikit buah-buahan yang mengandung pektin yang secara alami dapat memperlambat proses pencernaan dan meningkatkan rasa kenyang. Faktanya orang yang makan sebutir apel setiap harinya dipastikan merasa lebih kenyang dan mengonsumsi lebih sedikit makanan dibanding mereka yang mengonsumsi jus apel atau saus apel.

Sebutir apel butuh waktu lama untuk dimakan tapi kalorinya sangat kecil. Bahkan karena tubuh punya waktu lebih lama untuk mengatakan kepada otak bahwa Anda tak lagi kelaparan, setiap orang bisa makan banyak apel sembari tetap menurunkan berat badan,” terang Susan Roberts, profesor ilmu gizi dari Tufts University.

Agar lebih mengenyangkan tambahkan potongan apel pada oatmeal atau salad, atau selipkan pada roti isi Anda.

  • POPCORN

Makanan kegemaran para pecinta film ini memiliki kepadatan energi yang rendah karena hanya mengandung 90 kalori.

Popcorn mengambil banyak ruang di dalam perut Anda, dan melihatnya dalam porsi besar bisa membuat Anda berpikir telah banyak makan kalori sehingga Anda merasa kenyang setelah memakannya,” terang Rolls.

Popcorn terasa lebih mengenyangkan jika ditaburi cabe merah. Sebuah studi terbaru dari Purdue University terungkap bahwa orang-orang yang menambahkan setengah sendok teh rempah-rempah ke dalam makanannya akan cenderung merasa tak begitu lapar.

  • BUAH ARA

Buah ini mempunyai kepadatan dan serat yang tinggi (setiap 37 kalori buah ara mengandung satu gram serat), sehingga dapat memperlambat pelepasan gula ke dalam darah serta mencegah peningkatan gula darah akibat makan kue. Buah ara akan terasa lebih mengenyangkan apabila ditambahkan protein seperti satu sendok teh keju dan kacang kenari.

  • OATMEAL

Makanan ini jelas mengenyangkan karena mengandung serat begitu tinggi dan kemampuannya untuk menyerap cairan layaknya sebuah spons. Ketika dikombinasikan dengan air atau susu skim, oat butuh waktu lebih lama untuk melewati sistem pencernaan sehingga Anda takkan merasa lapar lagi.

Menaburkan almond di atas semangkuk oatmeal menambah tingkat kekenyangan makanan ini.

Kacang-kacangan ini sarat akan protein dan serat serta mengandung lemak tak jenuh yang nantinya akan membantu menstabilkan kadar insulin dan gula darah,” tegas Katz.

  • WHEAT BERRY

Bagaimana tidak mengenyangkan, jumlah protein dan serat per porsi wheat berry adalah yang tertinggi dari makanan berbahan gandum lainnya, yaitu 6 gram protein dan 6 gram serat.

Protein itu memicu produksi hormon ghrelin yang berfungsi mengabarkan kepada otak bahwa Anda merasa kenyang, dan serat mengaktifkan hormon penekan selera makan di dalam usus,” terang Roberts.

Wheat berry akan lebih mengenyangkan jika dikombinasikan dengan apel atau kacang-kacangan.

  • SMOOTHIES

Kendati jarang ada minuman yang dapat memuaskan rasa lapar, nyatanya smoothies berbeda dari jenis minuman lainnya karena ini dapat membuat orang merasa kenyang sekaligus mengurangi porsi makan mereka berikutnya. Hal ini dikemukakan sebuah studi dari Penn State University.

Pastikan saja smoothies Anda tidak mengandung banyak gula atau komposisi yang berkalori seperti halnya jus buah atau sirus beraroma karena akan mengurangi manfaat kesehatannya.

Agar lebih terasa mengenyangkan, buatlah smoothies dari buah seperti stroberi yang kepadatan energinya sangat rendah dan mengandung 92 persen air atau pisang yang sarat akan pati resisten penahan lapar.

– Makanan Yang Mengenyangkan Tapi Tidak Bikin Gemuk –

Advertisements

1 Comment

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s